Catering di Jakarta – Ngemil sudah menjadi salah satu aktivitas wajib bagi sebagian orang untuk menemani saat-saat bersantai seperti nonton film, mendengarkan musik, membaca buku, arisan, maupun saat sedang bekerja. Kegiatan ini mengharuskan kita untuk mengonsumsi makanan-makanan camilan yang enak dan lezat sebagai teman saat berkegiatan atau untuk menunda lapar sebelum makan berat.

Banyak sekali menu makanan camilan yang beredar di toko-toko dengan beraneka ragam cita rasa dan harga. Sayangnya, tidak semua camilan yang beredar di masyarakat merupakan camilan sehat. Sebagian ada yang mengandung bahan-bahan pengawet dan penguat rasa seperti monosodium glutamate. Jika merasa repot membuat sendiri, kamu bisa mencoba memesan catering di Jakarta yang menyediakan menu makanan sehat khususnya yang tinggal di kota ini.

baca juga : Mengapa Harus Memilih Catering Diet Jakarta? Ini Alasannya!

Mungkin sebagian orang masih beranggapan bahwa menerapkan pola hidup sehat harus membutuhkan biaya yang mahal. Faktanya, banyak sekali bahan-bahan sederhana yang bisa diolah menjadi menu camilan sehat yang kaya akan gizi untuk dikonsumsi sehari-hari. Selain memasak sendiri, memesan catering di Jakarta yang sehat dan dengan harga cukup terjangkau juga bisa menjadi solusi. Berikut ini beberapa rekomendasi menu camilan sehat catering di Jakarta yang bisa menjadi referensi untuk kamu, di antaranya:

1. Ubi dan singkong rebus
Bahan umbi-umbian sangat bisa menjadi salah satu menu camilan sehat asal diolahnya dengan cara yang benar dan sehat. Salah satunya dengan cara direbus atau dikukus sehingga tidak perlu menggorengnya karena jika terlalu banyak mengonsumsi makanan berminyak tentu akan kurang bagus untuk kesehatan tubuh.

Singkong merupakan salah satu jenis makanan yang memiliki sumber karbohidrat tinggi hingga 98% dan sisanya adalah protein, vitamin, mineral, zat besi, dan lemak. Sehingga sangat cocok jika dijadikan alternatif pengganti sumber karbohidrat lainnya seperti nasi putih.
Singkong memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh seperti mengurangi resiko obesitas dan diabetes tipe 2, membantu pencernaan karena tinggi akan serat, serta dapat mengurangi resiko penyakit seperti kanker, arthritis, diare, infertilitas, hingga masalah rambut rontok.

Meskipun banyak manfaat yang terdapat di dalamnya, disarankan untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan karena dapat menyebabkan penyakit hipotiroidisme. Jenis umbi-umbian yang lain seperti kentang, ubi ungu, ubi merah, ubi kuning, dan ubi madu juga tidak kalah banyak manfaatnya.

Kentang yang mengandung serat, mineral, dan vitamin sangat bermanfaat untuk menguatkan tulang serta jantung. Sama halnya dengan ubi jalar seperti ubi merah dan ubi ungu juga sangat bagus untuk kesehatan tubuh karena memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga dapat melindungi tubuh dari paparan radikal bebas serta dapat menurunkan resiko penyakit kronis seperti kanker dan jantung.

Selain itu, terdapat pula jenis umbi-umbian lainnya yang kaya akan serat yaitu talas. Manfaat talas adalah untuk menyehatkan saluran pencernaan, menstabilkan kadar gula darah, serta menurunkan resiko penyakit jantung.

2. Kacang Almond
Bagi yang hobi ngemil makanan camilan sehat yang gurih namun ingin tetap sehat, maka kacang almond bisa menjadi pilihan. Salah satu jenis kacang yang cukup populer di seluruh dunia ini memiliki banyak variasi warna, bentuk, dan ukuran. Almond bisa dikonsumsi secara langsung atau sebagai bahan pelengkap olahan makanan seperti coklat, kue, dan es krim.

Catering di Jakarta

Almond memiliki banyak kandungan gizi yaitu serat, protein, lemak tidak jenuh, vitamin E, vitamin B2, dan fosfor. Kacang almond sangat bagus untuk kesehatan tubuh karena dapat menurunkan kolesterol serta membantu melindungi tubuh dari penuaan dan kerusakan sel karena mengandung antioksidan.

Kandungan vitamin E yang cukup tinggi membuat kacang almond sangat bagus untuk kesehatan kulit dan kesuburan. Magnesium yang terdapat pada kacang almond juga sangat bagus untuk mengontrol gula darah dalam tubuh sehingga dapat menurunkan resiko penyakit diabetes tipe 2 dan mencegah sindrom metabolik. Tidak hanya daging kacangnya saja yang bermanfaat, kulit kacang almond juga sangat bagus untuk mencegah oksidasi kolesterol karena mengandung polifenol.

3. Kurma
Buat pecinta makanan manis, jangan khawatir! Kalian masih bisa ngemil sehat dengan yang manis-manis yaitu kurma. Buah yang satu ini menjadi salah satu hidangan khas saat buka puasa karena selain berlimpah pahala sunnah, memakan buah kurma juga bisa mendatangkan banyak manfaat bagi tubuh.

Energi yang diperoleh setelah mengonsumsi buah kurma diserap dalam bentuk glukosa untuk tiap sel hidup khususnya sel otak dan saraf. Kandungan energi dan gula jenis glukosa dalam buah kurma tergolong amat tinggi. Selain itu, kurma juga mengandung kalium, serat, niasin, dan magnesium dalam jumlah yang cukup untuk tubuh.

Manfaat dari gizi tersebut adalah untuk membantu jantung berdenyut dengan teratur, membantu menurunkan tekanan darah, mengendalikan keseimbangan air dalam jaringan sel-sel tubuh, serta mengurangi resiko stroke. Kamu bisa memilih untuk mengonsumsi kurma muda maupun kurma basah sesuai selera.

4. Jagung pipil
Jika mengonsumsi popcorn dinilai kurang bagus karena cara pengolahannya menggunakan zat tambahan lain seperti pemanis, mentega, dan zat lainnya, maka jagung pipil yang direbus atau dikukus bisa menjadi alternatif penggantinya saat bersantai menonton film.

Disebut jagung pipil karena biji jagungnya sudah dipisahkan dengan dagingnya. Jagung mengandung serat yang bagus untuk pencernaan serta karbohidrat yang bisa menjadi sumber energi bagi tubuh layaknya nasi. Agar lebih lezat, kamu bisa menambahkan madu atau minyak zaitun.

Makanan camilan sehat seperti yang tersebut di atas sangat minim zat-zat tambahan yang terkadang cukup berbahaya bagi tubuh. Sehingga dengan mengonsumsinya selain mendapatkan nutrisi untuk tubuh, kamu juga bisa terhindar dari kandungan berbahaya. Kamu bisa memanfaatkan jasa catering di Jakarta jika rutinitas sehari-hari cukup sibuk sehingga tidak sempat mempersiapkan camilan sehat untuk dikonsumsi sehari-hari.